Rabu, 20 November 2013



Pernahkah anda memakan buah matoa? Apakah anda pernah bertanya-tanya apasih manfaat dan khasiat buah matoa untuk kesehatan...? Hmm, saya yakin sebagian besar orang terlalu merasakan nikmatnya melahap suatu makanan tanpa memikirkan nilai positif dan nilai negatifnya. Termasuk ketika anda mengkonsumsi buah matoa ini. Rasa, bentuk dan baunya yang unik dan menggoda selera seolah-olah membuat kita lupa akan kandungannya. hehe..


Matoa mempunyai nama ilmiah Pometia pinnata, merupakan tanaman buah khas Papua bisa dibilang sebagai flora identitasnya Papua. Dalam perdagangan internasional matoa kerap dikenal sebagai Fijian Longan.

Menurut info dari wikipedia disebutkan:
Pohon matoa tergolong pohon besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm. Umumnya berbuah sekali dalam setahun. Berbunga pada bulan Juli sampai Oktober dan berbuah 3 atau 4 bulan kemudian.[1] Penyebaran buah matoa di Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian ± 1200 M diatas permukaan laut. Pohon matoa tumbuh baik pada daerah yang kondisi tanahnya kering (tidak tergenang) dengan lapisan tanah yang tebal.

Iklim yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang baik adalah iklim dengan curah hujan yang tinggi (>1200 mm/tahun). Matoa juga terdapat di beberapa daerah di Sulawesi, Maluku, dan Papua New Guinea. Buah matoa memiliki rasa yang manis. Di Papua dikenal 2 jenis matoa, yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Ciri yang membedakan keduanya adalah terdapat pada tekstur buahnya, Matoa Kelapa dicirikan oleh daging buah yang kenyal seperti rambutan aceh, diameter buah 2,2-2,9 cm dan diameter biji 1,25-1,40 cm. Sedangkan Matoa Papeda dicirikan oleh daging buahnya yang agak lembek dan lengket dengan diamater buah 1,4-2,0 cm. Tanaman ini mudah beraptasi dengan kondisi panas maupun dingin. Pohon ini juga tahan terhadap serangga, yang pada umumnya merusak buah.

Buah matoa ini mengandung banyak vitamin C dan vitamin E sehingga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan antara lain:
  • Sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Meringankan stress
  • Meningkatkan kesuburan pria dan wanita
  • Memberikan nutrisi pada kulit
  • Meminimalkan resiko terserang penyakit kanker
  • Meminimalkan resiko terserang penyakit jantung koroner
Selain buahnya yang kaya manfaat, bagian lain dari pohon buah matoa juga ternyata mempunyai kegunaan lain seperti
  • Kayu buah matoa sangat kuat dan bagus untuk jadi tiang bangunan, lantai, kusen, dan perahu.
  • Penduduk Papua memakai daun matoa untuk mulsa saat penanaman gadung.
  • Kulit kayu pohon Matoa biasa dipakai masyarakat priangan untuk mengobati luka.
  • Orang Malaysia membuat rebusan daun dan kulit kayu buah matoa digunakan untuk mandi guna mengobati demam.
Buah matoa memiliki kandungan glukosa jenuh, jika mengonsumsi secara berlebihan, bisa mengakibatkan terasa agak teler menurut sebagian orang yang pernah mengkonsumsinya.
Jadi ingatlah pesan kanjeng Nabi, konsumsilah makanan sewajarnya dan jangan berlebihan... okey?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Popular Posts