Manfaat / Khasiat Makan Sayuran Kecambah (Toge)

Rabu, 16 Oktober 2013



Kecambah atau biasa dikenal dengan sebutan toge / taoge / tauge dalam bentuk umum merupakan tumbuhan muda yang baru saja berkembang yang berasal dari biji-bijian. Semua biji yang baru mengeluarkan tunasnya bisa disebut dengan kecambah, namun masyarakat mengenal kecambah dalam konteks yang lebih khusus, yaitu biji kacang hijau atau kedelai yang baru mengeluarkan "tunas"nya.


Kecambah merupakan sayuran yang kaya enzim yang dapat menaikkan energi tubuh dan membuat kita merasa bugar dan sehat. Kecambah juga mengandung banyak gizi seperti vitamin B, C, B1, B6, K dan A. Selain itu, kecambah juga menjadi sumber makanan yang kaya zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dan mangan, dan asam lemak omega 3. Dan ternyata, kecambah atau toge ini kandungan kalorinya rendah, hal ini akan sangat bermanfaat untuk diet anda. Di dalam kecambah juga terdapat kandungan oksigen yang tinggi dan juga mengandung EFA, asam lemak esensial yang dapat melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat secara detail dari kecambah atau toge antara lain:

1. Mencegah Stroke dan Serangan Jantung
Manfaat yang satu ini terutama untuk kecambah dari jenis kecambah alfafa. Kecambah ini memiliki bentuk yang menyerupai tunas halus berdaun hijau dengan rasa yang renyah dan segar. Keunggulan dari kecambah alfafa adalah kandungan saponin yang terdapat di dalamnya sangat tinggi. Saponin tersebut merupakan suatu senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) tanpa mengganggu kolesterol baik (HDL) sehingga mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung


2. Mencegah Kanker
Toge banyak mengandung serat dan air, hal ini secara otomatis dapat membantu pemebersihan usus besar. Efek dari usus besar yang selalu bersih ini akan mencegah bertumpuknya zat-zat racun di dalam usus. Dalam hal ini toge sangat berperan dalam membantu mendorong kotoran dan zat racun keluar usus besar. Dengan ini akan membantu mengurangi potensi terjadinya kanker.

Kandungan antioksidan di dalam toge juga sangat berperan dalam mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh.

3. Mencegah terjadinya Osteoporosis
Toge mengandung estrogen alami yang akan meiningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan akan mencegah terjadinya kekeroposan tulang. Demikian pula kandungan kalium, magnesium, vitamin C dan vitamin K turut membantu menguatkan tulang anda.

4. Meningkatkan Kesuburan
Vitamin E yang tinggi dalam toge berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikan bebas. Hal ini secara otomatis akan melindungi sel-sel telur pada wanita maupun sel-sel sperma pada pria dari serangan radikal bebas.

Demikian kandungan gizi dan nutrisi dalam kecambah atau toge beserta manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Popular Posts