8 Manfaat Biji Buah Nangka untuk Kesehatan

Rabu, 07 Mei 2014


Buah nangka yang sangat manis dan sangat lezat rasanya (salah satu buah favorit saya :) ). Saking enaknya sampai lupa bahwa bagian-bagian dari buah nangka mempunyai manfaat yang luar biasa. Daging buahnya mempunyai banyak kandungan gizi, air dalam kantung biji bisa untuk menghilangkan getah nangka, kulitnya pun bisa dipakai untuk "diinjak-injak", melancarkan peredaran darah (maksa nih).

Terlepas dari rumor yang mengatakan biji nangka sebagai penghasil kentut yang super bau, ternyata biji nangka (beton kalo dalam bahasa jawa), juga mempunyai banyak kandungan manfaat. Biji nangka kaya akan kandungan karbohidrat, serat, vitamin A, C dan B. Selain itu, biji nangka juga kaya akan mineral seperti Kalsium, Seng, dan Pospor.

Biji nangka juga kaya akan phytonutrients, seperti Lignan, Isoflavons dan saponin. Isoflavons sendiri baik untuk mencegah kanker. Phytonutrientsini sangat penting keberadaannya bagi tubuh, terutama untuk kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat dari biji nangka ini? Berikut penjelasannya:

1. Memuluskan kulit
Rendam biji nangka kering dalam susu dan madu, lalu haluskan dan ratakan ke kulit yang ingin dirawat, tunggu hingga 15 menit lalu bilas dan bersihkan.

2. Mencegah kerutan
Ambil biji nangka yang kering, lalu rendam dalam susu dingin beberapa waktu. Setelah itu haluskan, bisa dengan blender atau ditumbuk, lalu bisa dibuat masker. Tunggu hingga kering lalu bersihkan. Biji nangka ini mampu membuat Anda terlihat muda kembali.

3. Menghilangkan stres
Kadar protein dan mikronutrisi yang tinggi mampu mengurangi stres.

4. Melembutkan dan membuat kulit bersinar
Kadar serat yang tinggi, mampu mengeluarkan racun dari tubuh. Sehingga membuat kulit terlihat segar, saat racunkeluar dari tubuh.

5. Membuat rambut tebal
Biji nangka mempu memperlancar sirkulasi darah, sehingga sangat baik bagi tubuh dan rambut.

6. Mencegah enemia
Kandungan besi yang banyak dalam biji nangka, mampu mensuplai kebutuhan tubuh akan besi, sehingga produksi darah tetap terjaga.

7. Meningkatkan gairah
Seperti layaknya kacanga yang bisa meningkatkan gairan bercinta, biji nangka juga mampu menjaga stamina tubuh tetap terjaga dengan baik

8. Mencegah rambut rapuh
Kandungan vitamin A dalam biji nangka, mampu mencegah kerapuhan rambut dan juga dapat menyehatkan untuk mata.

Nah, selepas makan nangka, jangan lupa sisihkan bijinya kemudian direbus dengan ditambahkan garam secukupnya sampai matang, rasanya cukup enak juga lho. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Popular Posts