Manfaat / Khasiat Daun dan Bunga Krisan

Minggu, 27 Oktober 2013


Tanaman krisan mempunyai nama latin Crhysantemum, pada dasarnya merupakan tanaman bunga hias. Tanaman yang berasal dari dataran Cina ini sering disebut Seruni atau Bunga emas (Golden Flower). Krisan kuning berasal dari dataran Cina, dikenal dengan Chrysanthemum indicum (warna kuning), Chrysanthemum morifolium (warna ungu dan pink) dan Chrysanthemum daisy (bulat, ponpon). Bunga krisan masih tergolong ke dalam famili yang sama dengan bunga aster dan daisy, yaitu famili Asteraceae.

Beberapa manfaat dan khasiat dari tanaman krisan ini antara lain adalah sebagai berikut:

1. Sebagai bunga hias

Ini adalah manfaat utama bunga krisan yang dimanfaatkan oleh kebanyakan manusia. Sebagai bunga hias, krisan di Indonesia digunakan sebagai bunga pot dan bunga potong


2. Dapat dijadikan sebagai obat tradidional untuk mengatasi sakit batuk, nyeri perut oleh angin, dan sakit kepala akibat peradangan rongga sinus

Hal ini dipaparkan oleh seorang kesehatan Filipina bernama Herminia de Guzman Ladion, dia memasukkan krisan sebagai salah satu jenis tanaman obat penyembuh ajaib.

Ramuan tradisionalnya adalah sebagai berikut:

a. Sakit batuk produktif akibat kongesti dan bronkhitis
Diobati dengan rebusan 1 mangkuk daun dan bunga krisan (Chrysanthemum indicum) kering dalam 2 gelas air selama 15 menit, kemudian air rebusan tadi diminum. Dosis anjuran adalah setiap jam meminum 1/2 mangkuk (dewasa), 1/4 mangkuk (anak umur 7-12 tahun), 2 sendok makan (anak umur 2-6 tahun), atau satu sendok teh (bayi).

b. Nyeri perut karena angin yang berlebihan dalam perut dan usus
Dapat diobati dengan daun krisan yang dirajang atau ditumbuk, kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut digosokan pada perut dengan menggunakan kain kebat, lalu dibiarkan selama semalam atau minimal 4 jam.

3. Sebagai tanaman penghasil racun serangga alami.

Jenis tanaman krisan Chrysanthemum cinerariaefolium VS mengandung zat pyrethrin yang sangat beracun bagi aneka macam serangga, tetapi tidak merupakan racun bagi hewan berdarah panas. Oleh karena itu zat pyrethrin dapat digunakan antara lain sebagai campuran bahan pembuat obat nyamuk.

4. Dapat disajikan sebagai teh yang nikmat dan kaya manfaat

Krisan jenis Chrysanthemum morifolium atau Chrysanthemum indicum, yang berwarna putih atau kuning bisa dijadikan teh krisan atau Chrysanthemum Tea. Khasiatnya untuk menyembuhkan influenza, jerawat dan mengobati panas dalam dan sakit tenggorokan. Bisa juga digunakan untuk obat demam, mata panas dan berair, pusing-pusing, serta untuk membersihkan liver. Selain itu teh krisan bermanfaat untuk penyembuhan jantung koroner, hiperkolesterol (kolesterol tinggi), mengurangi rasa sakit pada penderita radang hati. Manfaat tersebut didapatkan karena krisan mengandung vitamin C, beta karotene, kalsium, serat, zat besi, kalium, dan magnesium.
Cara untuk membuat teh krisan adalah sebagai berikut:

- Bahan :
  1. Daun atau bunga krisan secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

- Cara membuat :
  1. Cuci bersih daun/bunga krisan dengan air mengalir (pencucian hingga 5 kali).
  2. Selanjutnya daun dilayukan dengan cara menggosok daun dengan gilingan kayu atau botol, lalu kering anginkan.
  3. Sedangkan bungan krisan untuk teh perlu dikukus dahulu untuk pelayuan.
  4. Selanjutnya dilakukan pengeringan menggunakan sinar matahari langsung atau oven dengan suhu 60 derajat C selama 24 jam hingga daun atau bunga kering.
  5. Selanjutnya dikemas untuk siap digunakan sebagai teh.
Demikian beberapa manfaat dan khasiat tanaman krisan beserta ramuan dan cara pembuatannya. Artikel ini diambil dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.

8 komentar

  1. itu bener gan kalau di panasin dengan suhu 600 derajat selsius??

    apa gak kepanasan nantinya??

    BalasHapus
  2. saya butuh penjelasannya gan
    sms saya yaa tntan penjelasan'a

    ini nmr saya

    083877297111

    BalasHapus
  3. maaf, yang benar adalah 60 derajat celcius

    BalasHapus
  4. ternyata banyak juga ya manfaat bunga krisan ini

    BalasHapus
  5. Apa bs buat menghilangkan sariawan pd balita...ada efek sampingnya gak

    BalasHapus
  6. Apa bs buat menghilangkan sariawan pd balita...ada efek sampingnya gak

    BalasHapus
  7. Izin share yaa biar saya simpan dikronologi fb saya makasih..

    BalasHapus
  8. Izin share yaa biar saya simpan dikronologi fb saya makasih..

    BalasHapus

 
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Popular Posts