Manfaat Berenang Untuk Bayi

Rabu, 02 Oktober 2013



Berenang merupakan aktifitas yang sangat baik untuk manusia, termasuk pula untuk manusia kecil (baca: bayi). Berenang sangat bermanfaat untuk bayi terutama untuk melatih kemampuan otot motoriknya.

Rata-rata bayi sangat menyukai air, oleh karena itu berenang juga bisa menjadi aktifitas yang membuat bayi merasa nyaman dan senang.

Secara lebih luas, berenang untuk bayi mempunyai banyak manfaat antara lain sbb:


  1. Anak-anak yang berenang sejak bayi, memiliki perkembangan motorik yang lebih baik. Berenang membuat bayi menggerakkan seluruh tubuh mereka, mulai dari tangan, kaki dan kepala. 
  2. Anak-anak yang belajar berenang sejak kecil bisa lebih mudah beradaptasi dan bersosialiasi dengan orang lain. Hal tersebut karena saat berenang, mereka biasanya bertemu dengan anak-anak lain. 
  3. Anak-anak yang berenang sejak kecil akan terbiasa mengikuti instruksi atau mendengarkan perkataan orang lain. Hal ini membuat kemampuan kognitifnya semakin berkembang. Perkembangan koginitif pada bayi meliputi berpikir, belajar, dan proses pemecahan masalah. 
  4. Berenang secara rutin juga bisa mempengaruhi nafsu makan dan pola tidur anak. 
  5. Saat berenang, anak-anak belajar bagaimana orang berbicara saat memberikan instruksi untuk bergerak. Sehingga ke depannya, anak-anak yang belajar berenang sejak bayi kemampuannya berbicara akan lebih cepat berkembang. 

Tentunya anda juga harus memperhatikan kebersihan air, mencegah bagi anda dari meminum air dan jangan membiarkan bayi anda berenang terlalu lama. Cukup 15-20 menit saja untuk berenang. :)
Semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Popular Posts